RSS

Memanfaatkan Bunga Mahoni Sebagai Sesuatu Yang Bernilai Ekonomi


Bunga Mahoni sebagai Figura. Banyak yang tidak mengetahui bahwa kita bisa memanfaatkan bunga mahoni sebagai sesuatu yang memiliki nilai jual selain di gunakan para kaum ibu untuk menghentikan ibu menyusui , atau dengan kata lain menyapih anak nya meminum "ASI" lagi dari ibu nya . Saya bukan mau membahas tentang asi melainkan bagaimana kita memanfaatkan bunga mahoni sebagai cover atau lapisan figura atau frame photo. So , jangan beranggapan bahwa apa yang ada disekililing kita yang terlihat sampah atau sesuatu yang usang tidak bisa kita manfaatkan . selain mempunyai nilai seni juga memiliki nilai jual sebagai Handicraft

Bunga mahoni


 Cara membuat frame foto dari bunga mahoni hampir sama dengan kita membuat frame foto dari kulit telur
namun bedanya lapisan yang digunakan yang berbeda . karena kita memanfaatkan bunga mahoni sebagai cover atau lapisan frame. dan cara pembuatan nya sebagai berikut.

Pertama siapkan bahan-bahan yang kita perlukan .

1. Karton 3mm atau bisa juga di ganti dengan triplek & kertas koran bekas
2. Lem kayu (Lem Putih bisa menggunakan lem Fox)
3. Kuas kecil
4. Gunting dan kater
5. Melamine bila diperlukan
6. Bunga Mahoni muda (Bisa didapat di pinggir jalan yang ada pohon mahoni atau juga bisa di beli di pasar yang menyediakan jamu tradisional)
7. Klem untuk kancing bagian penutup belakang figura
8. Engsel kecil untuk penyangga belakang nantinya .( Peralatan tersedia di toko terdekat)

Mulai Pengerjaan .

1.Potong karton membentuk persegi panjang / sesuaikan dengan ukuran foto yang akan kita pasang. 3buah mengunakan kater.
2. Lalu potong bagian dalam berukuran 3cm 1buah hingga membentuk lobang persegi panjang .
3. potong kedua karton lain yang telah kita siapkan tadi berukuran 2setengan cm. hingga membentuk lobang persegi panjang .
4. Langakah berikut nya satukan ketiga karton tersebut menggunakan lem .
5. jika bahan sudah membentuk figura dasar kemudian kita lapisi dengan kertas koran atau kertas polos lain sebagai pembungkus pada tiap sisi nya atau hinga membungkus semua bagian frame.
6. Jika mau figura terkesan lebih rapi kita juga bisa melapisi cat pada figura dasar tersebut.
7. Potong melintang bunga mahoni muda pada bentuk awal akan seperti pada gambar dibawah

Bunga mahoni

8. Setelah potongan mahoni dirasa cukup potong lagi hingga membentuk dadu , atau bisa dilakukan menyesuaikan ukuran frame foto.
9. Ambil figura dan lapisi dengan lem kemudian mulai menempelkan satu persatu potongan bunga mahoni hingga melapisi keseluruhan bagian figura atau frame selain lubang untuk menaruh foto dan bagian belakang figura.
10. Selesai melapisi selanjutnya memulai membuat penutup bagian belakang figura , kita bisa mencontek figura lain yang tersedia dirumah .

Frame bunga mahoni


Sebenarnya cover bisa menggunakan apa saja , misal dengan kulit manding (sejenis atau mirip dengan sayur pete tapi lebih tipis dan berisi kecil) bisa juga dengan daun pisang kering . dan bahan lain disekitar kita yang bisa kita manfaatkan.


Judul: Memanfaatkan Bunga Mahoni Sebagai Sesuatu Yang Bernilai Ekonomi
Rating: 100% based on 10 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Alviz Stevano

Terimakasih atas kunjungan Sobat beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran sobat dapat sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Related Posts

0 komentar: