RSS

Mari Kita Membuat Bakso Daging Sapi Di Rumah

Seperti namanya bakso daging di buat dengan bahan utama daging. Jenis daging yang digunakan adalah daging sapi . Selain daging sapi , dapat juga digunakan daging ayam atau daging ternak darat lain nya . Berikut ini cara pembuatan bakso daging  (sapi)

Bakso Sapi


*Pemilihan Daging 
Biasanya setelah hewan di potong , daging masih lemas, liat,merah cerah,cemerlang,dan bau hampir netral. pada saat seperti ini daging bermutu tinggi , tetapi jika dimasak teksturnya liat, sedangkan rasa dan aromanya belum berkembang penuh sehingga kurang lezat,

* Bahan-bahan yang digunakan
Bahan-bahan yang di perlukan untuk membuat bakso daging yaitu Daging segar, tepung tapioka,bumbu-bumbu dan es atau air es.
1. Daging segar
Untuk membuat bakso daging digunakan daging (sapi) yang masih benar-benar segar. semakin segar semakin baik mutu bakso nya . pilih yang tidak banyak lemak dan banyak urat. Sebaiknya pisahkan dulu urat pada daging terlebih dulu. namun untuk membuat bakso urat justru di gunakan banyak urat atau serat.
2. Tepung tapioka
Bahan lain yang diperlukan adalah tepung tapioka untuk menghasilkan bakso daging yang lezat . sebaiknya paling banyak 15% tepung di gunakan dari berat daging . idealnya tepung yang ditambahkan sebanyak 10% dari berat daging .
3 Bumbu-Bumbu
Bumbunya cukup garam dapur halus dan bumbu penyedap yang dibuat dari campuran bawang putih dan merica . garam dapur yang digunakan 2,5% dari berat daging  sedangkan bumbu penyedap 2% ari berat daging
4. Es atau air es
Bahan iniberfungsi membantu pembentukan adonan dan membantu memperbaiki tekstur bakso.
5. Pelumatan daging.
Daging di potong-potong kecil untuk memudahkan dalam pelumatan daging nya nanti, kemudian digiling dengan gilingan daging atau menggunakan meat separator . dalam proses penggilingan pisahkan urat dan ulang sampai beberapa kali.
**Pembuatan Adonan**

 Setelah diperoleh daging lumat yang bersih, bentuk daging menjadi adonan agar dihasilkan bakso yang baik. giling lagi daging bersamaan dengan es batu dan garam. baru nanti di tambahkan bahan yang lain , kemudian tambahkan tepung tapioka sambil di lumatkan. untuk mengaduk bisa dengan tangan atau alat pengaduk hingga kalis .

*Pembentukan Bakso .
 setelah siap adonan dibentuk bulatan tau menjadi bola-bola kecil. Uasahakan ukuran bola bakso sama rata .
Bakso satu kilogram berisi 40 butir bakso

*Perebusan atau pemasakan .
Bola bakso yang sudah terbentuk bulatan kemudian direbus hingga matang. jika bakso sudah terapung itu bertanda bakso telah matang . lakukan perebusan standar selama 15 menit .

**Pembuatan Kuah Bakso**

 *Bahan yang dibutuhkan
1.setengah sdm garam
2.satu kilogram tulang sapi , dipotong-potong
3.satu sendok teh merica bubuk
4.Dua siung bawang putih, cincang halus
5. 250 gram tetelan
6. 2500 ml air .
Pelengkap
-Bawang goreng , daun bawang iris halus , daun seledri iris halus , saus dan sambal.

 Source : Tetangga yang jualan Bakso. Dan Pak. Subur Bakso
Alamat : Pertigaan Selatan Pasar Suradadi/Tegal.
Sekitar -+30meter ,
Nama Warung nya "Bakso Perintis"

Untuk resep berikut nya adalah : Bakso Udang Dan Kepiting


Judul: Mari Kita Membuat Bakso Daging Sapi Di Rumah
Rating: 100% based on 10 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown

Terimakasih atas kunjungan Sobat beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran sobat dapat sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Related Posts

0 komentar: