RSS

Tips Memperbaiki Sendiri Keypad Hp Yang tidak Berfungsi

Kasus ini berawal dari error nya tombol / keypad hp N73 milik saya , memang tidak terlalu heran karna saya sudah memakai hp ini selama setahun dan juga hp pertama yang bisa saya beli dengan uang hasil keringat sendiri, saya mulai mengalami masalah dengan hp ini dari joystik lalu keypad yang mulai error , tombol keypad tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya , hegh ,,, mau nulis sms tapi gak muncul huruf . waduh kenapa neh hp ..... saya berfikir mau dibawa ke tempat serviz hp tak punya ongkos buat bayar,,,duh kesian , hemm... lalu muncullah otak jenius saya , berlagak seperti orang yang sudah ahli mulai meluncur ketempat saudara sepupu pinjam peralatan buat ngebongkar hp yang error tadi . kebetulan sepupu saya juga buka jasa serviz elektronik tapi bukan mengenai hp.

****  Pertama saya bongkar casing hp sampai terlihat lapisan bagian keyton nya.

serviz keypad

serviz keypad


**** Lalu saya mulai menggosok keyton secara perlahan menggunakan pencil pada bagian keyton yang tidak berfungsi.
**** Setelah itu saya pasang kembali sampai hp rapi seperti semula dan saya coba untuk tes keypad sudah berfungsi atau belum , dan ternyata masih error juga .
**** Kemudian saya bongkar lagi seperti pada langkah pertama , tapi kali ini saya bongkar sampai ke lapisan keyton nya sampai terlihat bulatan kecil sebagai konektor keyton . lihat gambar di bawah.



**** Lihat gambar diatas ,,, saya melepas keyton pada bagian yang mengalami error .
**** tapi kalo yang error semua tombol ya harus dilepas seperti gambar dibawah ini tapi jangan lupa cara pasang nya ya,,



**** Kemudia saya mengambil Cuttenbad (pembersih telinga)
**** Cuttenbad saya celupkan ke minyak mesin jahit / minyak goreng klo tidak ada
**** Lalu saya oleskan kelapisan konektor keyton berulang hingga bersih
** setelah semua bersih pada bagian konektor dan keyton saya pasang kembali dan saya coba ,,,,, eh ternyata keypad sudah bisa di gunakan , lalu saya lakukan kembali pada joystik nya dengan langkah membersihkan dengan cuttenbad dan minyak. joystik juga kembali normal untuk di gunakan .

Ternyata saya bakat juga jadi tukang serviz hp wehwehweh.... lumayan bisa ngirit ongkos juga .

Ok sobat apakah kalian mengalami kasus yang sama dengan saya ,,, . jika sama boleh di coba cara diatas . Namun jika cara diatas tidak berhasil alangkah baiknya segera dibawa ke dokter handphone (Tukang serviz Handphone).




Judul: Tips Memperbaiki Sendiri Keypad Hp Yang tidak Berfungsi
Rating: 100% based on 10 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown

Terimakasih atas kunjungan Sobat beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran sobat dapat sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Related Posts

0 komentar: